Beranda » Artikel » Tanggap Bencana Terhadap Bencana Indonesia

Tanggap Bencana Terhadap Bencana Indonesia

T Diposting oleh pada 25 January 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 298 kali

Tanggap Bencana Terhadap Bencana Indonesia

Bencana Alam merupakan suatu peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, tanah longsor, banjir, angin topan dan kekeringan.

Bencana alam dibagi menjadi beberapa katerogi

  1. Bencana alam meteorologi.

Bencana alam ini berhubungan dengan iklim. Biasanya, bencana alam ini berupa banjir dan kekeringan yang banyak terjadi pada daerah-daerah tertentu.

  • Bencana alam geologi.

Bencana alam ini berhubungan dengan permukaan bumi seperti gempa bumi, tsunami, tanah longsor, dan gunung meletus.

  • Wabah.

Wabah atau epidemi adalah penyakit yang menular melalui populasi manusia dalam ruang lingkup yang luas dan penyebarannya bisa mencakup antarnegara atau dunia. Contohnya pandemi flu, TBC dan yang baru-baru ini Covid-19.

  • Bencana alam yang berasal dari ruang angkasa.

Bencana ini datang dari berbagai benda langit seperti asteroid atau badai matahari.

Dampak bencana alam dapat mengakibatkan kerusakan pada bidang sosial, lingkungan, dan ekonomi. Mulai dari rusaknya infrastruktur, luka-luka hingga menyebabkan kematian, serta hilangnya tempat tinggal.

Indonesia merupakan negara yang rentan akan bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, tanah longsor, banjir, angin putting beliung, dan letusan gunung berapi.

Dalam periode kurang dari satu bulan ini telah terjadi banyak sekali bencana-bencana yang melanda negara ini, mulai dari duka di tengah wabah covid-19, jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 maupun kabar duka yang muncul lantaran banyak terjadinya bencana alam.

Sebanyak 197 bencana alam telah terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Kebanyakan bencana alam tersebut merupakan bencana hidrometeorologi atau bencana yang terjadi karena dampak dari fenomena meteorologi.

Bencana alam yang paling mendominasi adalah banjir. Tercatat banjir terjadi sebanyak 134 kejadian, tanah longsor 31 kejadian, dan putting beliung sebanyak 24 kejadian.

Dari banyaknya bencana alam tersebut menyebabkan 184 orang meninggal dunia, sementara lebih dari 2.700 orang mengalami luka-luka.

Sedangkan sebanyak sembilan orang dinyatakan hilang, dan sebanyak kurang lebih 1,9 juta orang mengungsi.

Pada periode januari 2020 lalu, BNPB mencatat ada sekitar 297 bencana. Dan banjir menjadi sorotan utama, terutama di kawasan Jakarta. Dan menelan korban sebanyak 91 orang.

Disisi lain, bencana pada awal tahun ini lebih banyak merenggut nyawa dibandingkan pada periode jauari 2020 lalu.

Yayasan Kalimatunsawa Indonesia Membuka Donasi Untuk Membantu Korban Bencana Alam

Banyak warga yang terdampak dari bencana alam pada januari ini, termasuk banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan dan gempa bumi yang mengguncang di Sulawesi Barat.

Bencana Alam tersebut membuat banyak rumah hanyut dan rusak parah. Sehingga warga yang terdampak terpaksa untuk mengungsi di tempat yang aman.

Diantara yang terdampak, banyak juga lansia yang sangat rawan terkena penyakit di tengah pandemi dan banjir

Dengan banyaknya bencana alam yang terjadi membuat banyak hati masyarakat tergerak dan membantu mereka yang terdampak, termasuk Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

Banyak para penyintas yang masih membutuhkan uluran tanganmu. Karena mereka tidak hanya kehilangan tempat tinggal tetapi juga kehilangan harta benda.

Kami mengajak masyarakat umum untuk membantu sesama, karena uluran tangan kalian sangat membatu mereka untuk terus bertahan hidup.

Mari ringankan beban para saudara/i kita disana, bisa dengan berdonasi melalui rekening kami dan jangan lupa berdoa untuk keselamatan mereka dan semoga bencana alam ini cepat berlalu dan bisa kembali pulih. Aamiin Ya Roballalamin.

Bapak,Ibu,Kakak yang dermawan yuk salurkan bantuan anda melalui:

Rekening Donasi:

  • Bank Mandiri :166-00-00629899 (An. Yayasan Kalimatunsawa Indonesia)
  • Bank BCA      : 7510-440841 A.n Misdiyono & Yori Harmoko (Bendahara)

Belum ada Komentar untuk Tanggap Bencana Terhadap Bencana Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Tanggap Bencana Terhadap Bencana Indonesia

Hari Gizi Nasional, Gizi Optimal Untuk Generasi Yang Maksimal

T 2 February 2021 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Hari Gizi Nasional Sejak saat pembuahan di dalam rahim ibu, kelahiran, pertumbuhan, dan perkembangan kemudian memasuki tahap bayi , anak-anak, remaja, dewasa, dan tua. Manusia membutuhkan berbagai zat gizi untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Zat gizi tersebut sangat... Selengkapnya

Peringatan Hari Bela Negara Ke-72

T 19 December 2020 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Hari Bela Negara Setiap tanggal 19 Desember Indonesia memperingati Hari Bela Negara untuk mengenang peristiwa PDRI (Pemerintah Darurat Republik Indonesia) pada 19 Desember 1948. Ketika itu Belanda melancarkan Agresi Militer II dengan mengumumkan bahwa tidak adanya lagi Negara Indonesia. Pada... Selengkapnya

Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H (Yayasan Kalimatunsawa Indonesia)

T 11 November 2020 F , A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Maulid Nabi Muhammad SAW di Indonesia Perayaan Maulid merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat, Maulid dirayakan di banyak negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Sebagian kaum muslimin meyakini bahwa perayaan Maulid Nabi disyariatkan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Sekiranya Bapak/Ibu memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan Kalimatunsawa Indonesia, silakan untuk menghubungi kami.

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu? silakan klik chat di bawah ini.

Sekretaris Harian

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Online

Sekretaris

Rini Heriana

Online

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00

Rini Heriana

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu? terimakasih. 00.00