Beranda » Artikel » Peringatan Hari Bela Negara Ke-72

Peringatan Hari Bela Negara Ke-72

T Diposting oleh pada 19 December 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 281 kali

Hari Bela Negara

Setiap tanggal 19 Desember Indonesia memperingati Hari Bela Negara untuk mengenang peristiwa PDRI (Pemerintah Darurat Republik Indonesia) pada 19 Desember 1948. Ketika itu Belanda melancarkan Agresi Militer II dengan mengumumkan bahwa tidak adanya lagi Negara Indonesia.

Pada saat itu Presiden RI Ir. Soekarno memberikan Mandat penuh kepada Syafrudin Prawinegara untuk menjalankan pemerintahan dan membentuk PDRI di Padang, Sumatera Barat. Guna untuk mengisi kekosongan bangku kepemimpinan.

Deklarasi ini dilakukan karena saat itu Yogyakarta sebagai ibukota Negara sedang diduduki oleh Belanda dan para pemimpin seperti Soekarno, Hatta dan Syahrir sedang diasingkan keluar jawa.

Berdirinya PDRI telah mengisi kekosongan kepemimpinan dan menyelenggarakan pemerintahan RI dari tanggal 22 Desember 1948 sampai 13 Juli 1949. Walau hanya 7 bulan, PDRI memiliki makna penting tentang Eksistensi Pemerintahan NKRI yang Nasional dan Internasional.

Setelah Agresi Militer II berakhir, Syafrudin Prawiranegara mengembalikan mandat tersebut kepada Soekarno dan Hatta, pada 15 Juli 1949 PDRI resmi dibubarkan.

Penetapan tanggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara memaknai episode sejarah keberadaan PDRI sebagai refreksi semangat kebangsaan, semangat persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air dan sejalan dengan usulan para pejuang.

Keppres Nomor: 28 Tahun 2006

Melalui keputusan Presiden Nomor: 28 Tahun 2006 telah menetapkan bahwa setiap tanggal 19 Desember diperingati sebagai “Hari Bela Negara”. Dari pertimbangan dan keputusan tersebut, dapat dipahami secara jelas dasar filosofis ditetapkannya Hari Bela Negara, yaitu:

  1. Tanggal 19 Desember 1948 merupakan hari bersejarah di Indonesia, karena pada tanggal tersebut Presiden Ir. Soekarno memberikan Mandat kepada Syafrudin Prawiranegara untuk membuat PDRI dalam rangka untuk mengisi kekosongan kepemimpinan Pemerintahan NKRI dalam rangka Bela Negara.
  2. Penetapan Hari Bela Negara tersebut merupakan upaya untuk mendorong semangat kebangsaan serta mempertahankan kehidupan berbangsa yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Penetapan tanggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara pada haikatnya merupakan suatu pengakuan sekaligus penghargaan dan penghormatan atas peran PDRI serta segenap tokoh pelakunya yang mampu menjaga dan mempersatukan Indonesia. Serta menempatkan PDRI secara terhormat dan tidak terpisahkan dalam Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia.

Tema Hari Bela Negara Ke-72

Bela Negara adalah sikap dan perilaku seseorang atau kelompok masyarakat yang dijiwai oleh patriotisme dari suatu Negara dalam kepentingan untuk mempertahankan eksistensi Negara.

Pada tahun 2020 ini merupakan peringatan Hari Bela Negara yang ke-72. Peringatan kali ini mengangkat tema “Semangat Bela Negara Wujudkan SDM Tanggung dan Unggul”.

Tema Hari Bela Negara kali diharapkan dapat membawa seluruh lapisan masyarakat untuk membela Negara Indonesia, karena Indonesia adalah rumah kita.

Belum ada Komentar untuk Peringatan Hari Bela Negara Ke-72

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Peringatan Hari Bela Negara Ke-72

Hari Gizi Nasional, Gizi Optimal Untuk Generasi Yang Maksimal

T 2 February 2021 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Hari Gizi Nasional Sejak saat pembuahan di dalam rahim ibu, kelahiran, pertumbuhan, dan perkembangan kemudian memasuki tahap bayi , anak-anak, remaja, dewasa, dan tua. Manusia membutuhkan berbagai zat gizi untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Zat gizi tersebut sangat... Selengkapnya

Semarak Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW & Tasyakuran Milad Ke-9 Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

T 30 March 2021 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting yang mengisahkan tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW. Isra Miraj terdiri dari dua bagian perjalanan utama, yaitu Isra yang merupakan perjalanan pada malam hari dari Masjidilharam Mekkah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem. Sedangkan Miraj... Selengkapnya

yayasan yatim memperingati isra mi'raj

Memperingati ISRA MI’RAJ Nabi Muhammad SAW

T 5 April 2019 F , A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Isra ialah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha. Mi’raj adalah kenaikan Nabi Muhammad SAW menembus lapisan langit tertinggi sampai batas yang tidak dapat dijangkau oleh semua makhluk. Semua itu ditempuh dalam semalam. Peristiwa Isra Mi’raj terjadi... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Sekiranya Bapak/Ibu memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan Kalimatunsawa Indonesia, silakan untuk menghubungi kami.

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu? silakan klik chat di bawah ini.

Sekretaris Harian

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Online

Sekretaris

Rini Heriana

Online

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00

Rini Heriana

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu? terimakasih. 00.00