Beranda » Artikel » Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H (Yayasan Kalimatunsawa Indonesia)

Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H (Yayasan Kalimatunsawa Indonesia)

T Diposting oleh pada 11 November 2020
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 389 kali

Maulid Nabi Muhammad SAW di Indonesia

Perayaan Maulid merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat, Maulid dirayakan di banyak negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam.

Sebagian kaum muslimin meyakini bahwa perayaan Maulid Nabi disyariatkan dalam Islam. Peringatan Maulid Nabi adalah bagian dari upaya untuk mencintai, mengingat dan mencontoh perilaku Nabi Muhammad SAW dan didalamnya dilakukan amalan amalan yang menuntun kepada mencintai Nabi Muhammad SAWseperti bershalawat.

Di Indonesia sendiri Maulid Nabi atau Mauludan pertama kali dilakukan oleh Wali Songo pada tahun 1404 M/808 H untuk sarana dakwah dan menarik hati masyarakat untuk memeluk Islam. Dan bahkan sampai sekarang peringatan Maulid Nabi masih menjadi sarana dakwah kepada masyarakat agar mencintai Rasulullah SAW serta meneladani perilakunya, orang yang mencintai beliau pasti akan berusaha untuk mengikuti sunnahnya.

Rasulullah SAW bersabda,

”Barang siapa menghidupkan sunnahku, berarti ia mencintaiku; dan barang siapa yang mencintaiku, maka ia bersamaku di surga”. (H.R Tirmidzi)

Serta dalam QS Al-A’raaf: 157 Allah SWT berfirman,

“Maka orang-orang yang beriman kepadanya (Muhammad), memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an), mereka itulah orang-orang yang beruntung”.

Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Ketika Nabi Muhammad SAW lahir didunia ia sudah menjadi yatim karena ayahnya Abdullah bin Abdul Muttalib telah meninggal dunia bahkan saat umur Nabi belum genap 3 tahun. Hanya ibunya yang bernama Aminah binti Wahab lah ia tinggal bersama.

Menurut penelitian Nabi Muhammad SAW dilahirkan di Mekkah pada hari senin, 12 Rabi’ul Awal pada tahun gajah atau tahun 571 pada kalender romawi.

Diriwayatkan Ibnu Sa’ad ibn Hanbal Darini menyebutkan bahwa cahaya menerangi istana-istana di Rum. Selain itu, terjadi peristiwa menggemparkan di kerajaan Romawi, di mana beberapa buah gereja dan biara tiba-tiba runtuh. Demikianlah Allah memperlihatkan tanda-tanda kebesaran-Nya akan datangnya sosok penutup para Nabi yang akan menggoyahkan benteng-benteng kezaliman dan penyempurna ajaran-ajaran sebelumnya.

Saat Nabi lahir, tidak ada orang yang mau menyusui beliau karena pada saat itu tergolong miskin. Namun, ada seorang wanita bernama Halimah Sa’diyah dengan ikhlas mau menyusui beliau walaupun ASI-nya sulit untuk keluar. Karena keikhlasannya Allah SWT pun memberi balasan kepada Halimah, keledainya yang kurus pun menjadi berisi dan ASI yang tadinya sulit untuk keluar kembali lancar.

Saat beranjak remaja, tanda-tanda kenabian Muhammad sudah terlihat. Pada saat itu malaikat jibril membelah dada Nabi Muhammad kemudian dan membersihkan jantung Nabi.

Kemudian Nabi Muhammad menerima wahyu pertama pada saat berusia 40 tahun di Gua Hira. Dan Nabi memiliki empat sifat yakni Shiddiq (jujur), amanah, Tabligh (menyampaikan), dan Fathonah (cerdas)

Dan Nabi Muhammad meninggal pada hari senin tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun 11 H pada usia 63 tahun. Setelah sakit selama 12 hari.

Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H di Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

Walaupun pandemi Covid19 saat ini masih berlangsung, tapi tidak menjadikan itu sebagai penghalang untuk mengenang dan meneladani perilaku serta akhlak Nabi Muhammad SAW.

Dalam memperingati hari lahir Nabi Muhammad atau Maulid Nabi ini, Yayasan Kalimatunsawa Indonesia menggelar Acara peringatan Maulid di dua tempat yang berbeda yakni, di Asrama Yatim Terpadu (Kamis, 05/11/2020) dan di tanah wakaf yang berada di Pakisjaya-Karawang (Minggu, 08/11/2020).

Sebelum memulai acara seluruh anak yatim dan panitia serta tamu undangan sudah mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan terlebih dahulu. Mencuci tangan dengan air mengalir serta memakai sabun cuci tangan, Memakai masker, dan, membersihkan tangan dengan handsanitizer dan tetap menjaga jarak.

Peringatan Maulid Nabi tahun ini bertemakan “Dengan Pembangunan Pondok Qur’an kita tingkatkan Ukhuwah dan kepedulian terhadap sesama” ini sekaligus untuk penyerahan bingkisan sembako, makanan
dan bantuan dana  kepada 50 orang kaum dhuafa dan 128 anak yatim Tanah Baru Pakis Jaya,Karawang. Dan pemberian paket makanan dan santunan dana untuk 60 anak yatim di asrama yatim terpadu yayasan kalimatunsawa Indonesia.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H di asrama yatim terpadu di isi oleh kegiatan mengaji dan menujatkan doa bersama anak yatim. Selain itu ada penampilan ceramah agama dan pembacaan puisi tentang baginda Nabi Muhammad yang di bawakan oleh Robiatul dan Salwa (Anak Yatim Binaan Yayasan Kalimatunsawa Indonesia) dan hadiri oleh Bapak Rt setempat. Bapak Ridwan Awalludin.

Begitupula kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H di pakis Jaya-Karawang. Di isi oleh kegiatan mengaji dan menujatkan doa bersama anak yatim yang di pimpin oleh Bpk. Ustd. Yori Harmoko. dan pembacaan lantunan ayat suci Al-Quran yang di bacakan oleh Angga dan saritilawah oleh Rohman (anak yatim pakis jaya-Karawang)

Acarapun Di hadiri oleh Kepala Desa Tanah Baru, Bapak Syarif Arifin, SH di dampingi oleh bapak Daryono, Msi selaku ketua harian yang menggantikan bapak Kamijo, S. IP beserta ketua RT dan Rw setempat dan divisi sosial bapak Hendrayana dan rekan.

Dalam sambutannya bapak Syarif Arifin, SH selaku Lurah Tanah Baru menyampaikan
“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan Kalimatunsawa Indonesia karena sudah peduli kepada masyarakat yang ada di desa Tanah Baru Pakisjaya khususnya anak-anak yatim dan dhuafa di sini.  Serta Ingin membangun Pondok Qur’an untuk memberdayakan anak-anak yatim. Semoga kedepannya yayasan kalimatunsawa Indonesia selalu di berikan rejeki dan donaturnya ikut turut terus membantun untuk kelanjutan pembangunan pondok quran disini.”

Sementara Tausyiah yang disampaikan oleh bapak Supriyadi, SH menguraikan tentang suri tauladan yang baik beliau berkata “telah ada pada diri rosulullah suri tauladan yang baik, suri tauladan maksudnya adalah contoh. jadi kita harus mencontoh kepada rosulullah, karena pada diri rosulullah ada contoh yang baik”

Marilah kita teladani akhlak dan perilaku Nabi Muhammad SAW karena apa yang di ajarkan Rosulullah kepada umatnya adalah suatu kebenaran dan kebaikan.

Untuk melihat kegiatan acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H
lebih lanjut anda dapat meyaksikannya di channel youtube Yayasan Kalimatunsawa Indonesia. dan anda dapat juga melihat update foto-foto kegiatan anak-anak yatim di instagram dan facebook yayasan.

yuk klik linknya di bawah ini :
https://www.youtube.com/watch?v=Mw5O_qrb-5Y
(Kegiatan Maulid Nabi di Asrama Yatim terpadu)
https://www.youtube.com/watch?v=t8XyosNeQWA
(Kegiatan Maulid Nabi di Tanah wakaf pondok qur’an.
Pakis Jaya, Karawang)

Instagram: @Yay.Kalimatunsawa
Facebook: Yay.Kalimatunsawa

Belum ada Komentar untuk Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H (Yayasan Kalimatunsawa Indonesia)

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H (Yayasan Kalimatunsawa Indonesia)

pemilu 17 april

Pemilihan dalam islam

T 15 April 2019 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Mekanisme pemilihan wakil rakyat dalam pemilihan kali ini dalam sudut pandang Islam ialah akad wakalah (perwakilan). Dimana diperlukan pemenuhan atas rukun-rukunnya agar sempurna akad wakalah tersebut. Rukun-rukun wakalah ialah keberadaan 1. muwakkil atau yang mewakilkan suatu perkara, 2. wakil, yaitu orang yang... Selengkapnya

Setiap Manusia Memiliki Hak yang Melekat pada Diri Mereka Sendiri

T 10 December 2020 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Hak Asasi Manusia (HAM) Setiap tanggal 10 Desember masyarakat memperingati hari HAM sedunia, peringatan ini di adakan untuk mengenang hari adopsinya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada tahun 1948 silam dan secara resmi dimulai dari tahun 1950 saat rapat Pleno... Selengkapnya

santunan anak yatim | menyantuni anak yatim | yayasan terdekat | yayasan di bekasi

Dahsyatnya Sedekah mewujudkan Segenap Kebaikan

T 14 December 2018 F A Rini Heriana

Dalam Islam sodaqoh atau sedakah ialah suatu amal perbuatan (pemberian) dari seseorang kepada orang lain secara sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sementara itu ulama membagi 3 macam, yaitu sedekah dengan tenaga, pikir dan harta. Sedekah dengan pikir... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Sekiranya Bapak/Ibu memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan Kalimatunsawa Indonesia, silakan untuk menghubungi kami.

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu? silakan klik chat di bawah ini.

Sekretaris Harian

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Online

Sekretaris

Rini Heriana

Online

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00

Rini Heriana

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu? terimakasih. 00.00