Beranda » Artikel » Kebaikan kecilpun di balas Allah

Kebaikan kecilpun di balas Allah

T Diposting oleh pada 8 August 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 790 kali

Allah Ta’ala telah memberi nikmat yang begitu melimpah bagi para hamba-Nya. Tentunya mereka tak perlu membayar dan menghabiskan uang yang banyak untuk udara yang dihirup perdetik setiap hari.

Kewajiban manusia sebagai hamba-nya hanyalah bersyukur atas itu semua, atas nikmat yang telah Allah titipkan padanya, atas fasilitas yang dia gunakan dengan gratis. Lalu dengan cara apa seorang hamba bersyukur? Salah satunya, dengan melakukan dan menyebarkan kebaikan kepada sesama Makhluk hidup.

Ayat di atas mengajarkan, kebaikan yang dimaksud ialah amalan yang soleh. Yaitu perbuatan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya. Amal soleh dapat berbentuk apa saja, selama dia berangkat dari keimanan kepada Allah, ikhlas dikerjakan, dan punya teladan dari generasi orang-orang soleh terdahulu.

Ibarat seorang pekebun yang menanam buah. Awalnya, tanaman itu berasal dari benih yang ditanam.

Sang pekebun itu lalu merawatnya, memberi pupuk, dan menyiraminya setiap waktu. Hingga tiba saatnya masa panen dan seluruh manusia ikut merasakan buah dari tanaman tersebut.

Begitulah perbuatan baik seorang Muslim. Kebaikan apapun yang dia lakukan, sejatinya dia sedang menyiapkan tanaman yang kelak berbuah manis suatu saat. Sesungguhnya Allah Maha Melihat dan Mendengar, maka tak satupun kebaikan hamba-Nya melainkan langusung tercatat dan berbalas kebaikan pula. Bahkan termasuk kebaikan-kebaikan yang disepelekan. Sekecil biji zarrah, misalnya.
Allah berfirman:

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْراً يَرَهُ

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” (Surah al-Zalzalah [99]: 7).

Jangan bingung tentang kebaikan apa yang akan bisa dikerjakan. Sebab tiap manusia sudah dibekali ragam nikmat.

Ada tangan yang bisa digunakan agar membantu atau bersedekah, ada mulut dan lidah yang bisa dipakai untuk tilawah al-Qur’an atau berbagi ilmu pengetahuan.

Ladang kebaikan telah Allah siapkan seluas langit dan bumi. Sarana untuk mengerjakan kebaikan juga melimpah ruah berada di sekitar manusia. Ia tak terhitung jumlahnya dan pastinya waktu 24 jam dalam sehari ialah masa yang cukup untuk menebar kebaikan dalam kehidupan manusia.

Mulai saat ini, mari perkuat tekad dan semangat dalam diri masing-masing untuk senantiasa berbuat baik pada sesama sebagai wujud syukur kepada Allah. Setidaknya niat itu tak pernah pudar dalam jiwa seorang beriman. Bahwa hari ini harus lebih baik daripada kemarin.

إِنْ أَحْسَنتُمْ أَحْسَنتُمْ لِأَنفُسِكُمْ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا فَإِذَا جَاء وَعْدُ الآخِرَةِ لِيَسُوؤُواْ وُجُوهَكُمْ وَلِيَدْخُلُواْ الْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوهُ أَوَّلَ مَرَّةٍ وَلِيُتَبِّرُواْ مَا عَلَوْاْ تَتْبِيراً

“Jika kalian berbuat Baik (berarti) kalian berbuat Baik untuk dirimu sendiri,Dan jika kalian berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri.” (QS: Al Isra : 7).

Belum ada Komentar untuk Kebaikan kecilpun di balas Allah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Kebaikan kecilpun di balas Allah

Ayo Tunaikan Zakat Penghasilanmu Di Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

T 7 December 2020 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Zakat Penghasilan Zakat Penghasilan adalah setiap pendapatan berupa upah atau gaji atau honor atau jasa yang diperoleh dengan cara yang halal. Atau lebih sederhananya adalah jumlah dari seluruh nilai konsumsi dan perubahan nilai kekayaan pada sutu tahun atau dalam jangka... Selengkapnya

niat | kejalan yang benar | yayasan kalimatunsawa

Luruskan niat untuk dapat keridhoan Allah

T 12 March 2019 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah, kepada keluarganya, kepada para sahabatnya dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari Kiamat, amma ba’du: Berikut inipenjelasan hadits tentang niat. Semoga Allah menjadikan penulisan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat, Allahumma amin.... Selengkapnya

Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H (Yayasan Kalimatunsawa Indonesia)

T 11 November 2020 F , A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Maulid Nabi Muhammad SAW di Indonesia Perayaan Maulid merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat, Maulid dirayakan di banyak negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Sebagian kaum muslimin meyakini bahwa perayaan Maulid Nabi disyariatkan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Sekiranya Bapak/Ibu memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan Kalimatunsawa Indonesia, silakan untuk menghubungi kami.

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu? silakan klik chat di bawah ini.

Sekretaris Harian

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Online

Sekretaris

Rini Heriana

Online

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00

Rini Heriana

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu? terimakasih. 00.00