Beranda » Artikel » Hari Gizi Nasional, Gizi Optimal Untuk Generasi Yang Maksimal

Hari Gizi Nasional, Gizi Optimal Untuk Generasi Yang Maksimal

T Diposting oleh pada 2 February 2021
F Kategori
b 1 komentar
@ Dilihat 338 kali

Hari Gizi Nasional

Sejak saat pembuahan di dalam rahim ibu, kelahiran, pertumbuhan, dan perkembangan kemudian memasuki tahap bayi , anak-anak, remaja, dewasa, dan tua. Manusia membutuhkan berbagai zat gizi untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Zat gizi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses kehidupan.

Zat gizi dapat dibagi menjadi dua. Yaitu, zat gizi makro dan zat gizi mikro.

Zat gizi makro yaitu zat yang diperlukan tubuh dengan jumlah besar, zat makro terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Sedangkan zat mikro yaitu zat yang diperlukan tubuh dengan jumlah kecil. Seperti, berbagai jenis vitamin dan mineral.

Zat-zat gizi pada umumnya diperoleh tubuh dari makanan sehari-hari. Didalam tubuh, zat gizi dari makanan tersebut dikeluarkan melalui proses pencernaan.

Pencernaan dimulai dari mulut melalui proses mengunyah kemudian disalurkan ke lambung dan usus halus. Kemudia di absorpsi melalui dinding usus halus ke pembuluh darah dan di salurkan ke bagian-bagian yang membutuhkan.

Pada bagian makanan yang tidak dicerna dan diabsorpsi akan dikeluarkan melalui usus besar dalam bentuk feses.

Masalah Gizi di Indonesia

Masalah gizi merupakan hal yang sangat penting untuk segara diatasi terutama pada ibu hamil.

Saat ini Indonesia masih dihadapkan pada prevalensi stunting yang merupakan masalah serius. Masalah stunting memiliki dampak yang cukup serius mulai dari morbiditas dan mortalitas pada bayi, kualitas intelektual dan kognitif yang rendah hingga sumberdaya manusia dan degeneratif di usia dewasa.

Dengan mengangkat tema “Remaja Sehat, Bebas Anemia”. Anemia yang menjadi tantangan besar untuk pemerintah. Pada tahun 2018 prevelensi anemia pada remaja sebesar 32%, sekitar 3-4 dari 10 remaja menderita anemia.

Upaya pencegahan anemia pada remaja khususnya putri merupakan intervensi spesifik yang sangat stategis, demi menjadikan calon ibu yang sehat dan bisa melahirkan generasi penerus yang berkualitas.

Persoalan gizi remaja tidak dapat diselesaikan oleh bidang kesehatan saja, namun juga perlu dukungan dan kontribusi bebagai pihak.

Pada peringatan Hari Gizi Nasional tahun 2021 ini merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen untuk bersama membangun gizi menuju bangsa yang sehat melalui edukasi gizi seimbang pada remaja putri.

Peringatan Hari Gizi Nasional di Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

Meskipun saat ini Indonesia masih dihadapkan pada pandemi covid-19, Yayasan kami pantang mundur untuk memberikan bantuan gizi kepada anak yatim pada tangga.

Tidak hanya memberikan bantuan saja tapi kami juga mengajarkan kepada anak-anak akan pentingnya menjaga kesehatan serta pentingnya untuk mendapatkan asupan gizi yang seimbang, yang bina oleh kak Achyar Dimas Pratama pada Sabtu, 30 Januari 2021.

Pengajaran tersebut masih tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai yang di anjurkan pemerintah dengan mengikuti 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak).

Selain mengadakan penyuluhan kesehatan, Yayasan juga memberikan bakti sosial di kampung pemulung Bintara Jaya Bekasi pada Jumat, 29 Januari 2021.

Pak Larto selaku pengurus dari kampung pemulung yang ada di Bintara Jaya Bekasi menyebutkan. “Terima kasih saudara-saudara kami dari yayasan Kalimatunsawa Indonesia yang telah peduli pada kami disini, khususnya pada kampung pemulung. Mudah-mudahan semua crew yang ada di Yayasan Kalimatunsawa Indonesia selalu diberi keberkahan, sehat wal afiat, dan mudah-mudahan anak-anak yang sudah di pandu disini bisa menerima dan bermanfaat.”

Yuk klik link dibawah ini untuk melihat kegiatan Hari Gizi Nasional di Yayasan Kalimatunsawa Indonesia 👇👇

Link Bakti Sosial Kampung Pemulung : https://youtu.be/bjl0vU1m5lE
Link Penyuluhan Kesehatan : https://youtu.be/ooXU4YlkVPg

1 Komentar untuk Hari Gizi Nasional, Gizi Optimal Untuk Generasi Yang Maksimal

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Hari Gizi Nasional, Gizi Optimal Untuk Generasi Yang Maksimal

niat | kejalan yang benar | yayasan kalimatunsawa

Luruskan niat untuk dapat keridhoan Allah

T 12 March 2019 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah, kepada keluarganya, kepada para sahabatnya dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari Kiamat, amma ba’du: Berikut inipenjelasan hadits tentang niat. Semoga Allah menjadikan penulisan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat, Allahumma amin.... Selengkapnya

Berpuasalah Pada Hari Senin dan Kamis, Karena Pada Hari Itu Amalan-amalan Manusia Diajukan Kepada Allah

T 16 January 2021 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Puasa Puasa adalah salah satu bagian dari fondasi keislaman seseorang. Seseorang tidak akan disebut muslim, kalau tidak mendasarkan keislamannya. Kewajiban berpuasa diperuntukan bagi semua muslim yang sudah baligh, berakal, dan tidak dalam keadaan haid atau nifas. Puasa juga memiliki pengaruh... Selengkapnya

Munajat dan Istighosah Pekanan Bersama Putra-Putri Yatim Binaan Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

T 4 September 2020 F , A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Alhamdulillah, setiap malam jumat yayasan kalimatunsawa indonesia melaksanakan kegiatan rutin yaitu istighosah bersama putra-putri yatim. kami kumandangkan doa dan mengaminkan afirmasi bersama. Semoga mejadi ladang pahala dan pengharapan ke ridhoan Allah SWT. Aamiin Ya Robbal Alamin. Kamis, 03 Agustus 2020Asrama... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Sekiranya Bapak/Ibu memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan Kalimatunsawa Indonesia, silakan untuk menghubungi kami.

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu? silakan klik chat di bawah ini.

Sekretaris Harian

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Online

Sekretaris

Rini Heriana

Online

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00

Rini Heriana

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu? terimakasih. 00.00