Beranda » Artikel » Ayo Tunaikan Zakat Penghasilanmu Di Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

Ayo Tunaikan Zakat Penghasilanmu Di Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

T Diposting oleh pada 7 December 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1928 kali

Zakat Penghasilan

Zakat Penghasilan adalah setiap pendapatan berupa upah atau gaji atau honor atau jasa yang diperoleh dengan cara yang halal. Atau lebih sederhananya adalah jumlah dari seluruh nilai konsumsi dan perubahan nilai kekayaan pada sutu tahun atau dalam jangka waktu satu tahun.

Pada Fatwa MUI Nomor 3 Tahun 2003 yang menetapkan fatwa tentang zakat penghasilan disebutkan bahwa semua bentuk penghasilan halal wajib dikeluarkan zakatnya dengan syarat telah mencapai nisab yakni senilai 85 gram emas dan kadar zakat penghasilannya 2,5%.

Kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan zakat penghasilan?. Waktu pengeluaran zakat dapat dikeluarkan pada saat sudah mencapai nisab atau jumlah batasan kepemilikan atau harta dari seorang muslim (biasanya dihitung setelah satu tahun). Bagaimana jika harta tidak mencapai nisab?. Jika harta tidak atau belum mencapai nisab maka semua penghasilan perhari atau perbulan dikumpulkan selama satu tahun lalu kemudian zakat dikeluarkan jika penghasilan bersihnya sudah cukup nisab.

Dalam Al-Qur’an Allah berfirman:

يَـااَ يـُّـهَـاالـَذِيـْنَ اَمـَنُـوْ ا اَنْـفِـقُـوْا مِـنْ طَـيِّـبَـا تِ مَـاكـَسَـبْتُـمْ وَمـِمَّا اَخْـرَجْـنَـا لـَكُـمْ مِـنَ الـَرْضِ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik, dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu”. (QS. Al-Baqarah: 267)

Zakat profesi merupakan ijtihad  dari ulama masa kini.

Zakat penghasilan atau biasa disebut juga zakat profesi memang tidak dikenal pada zaman Rasulullah SAW. Bahkan zakat penghasilan atau profesi tidak tercantum dalam kitab-kitab fiqih yang menjadi rujukan umat.

Zakat penghasilan atau profesi merupakan ijtihad ulama di masa kini dengan alasan dan dasar yang cukup kuat. Salah satunya adalah rasa keadilan. Meskipun pada zaman Rasulullah SAW telah ada beragam profesi, namun dari segi penghasilan kondisinya sangat jauh berbeda dengan sekarang.

Pada zaman itu berdagang, bertani, dan berternak bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar dan dapat membuat seseorang menjadi kaya. Namun sebaliknya di zaman sekarang ini berdagang, bertani, dan berternak tidak membuat pelakunya menjadi kaya. Bahkan peternak dan petani kita ini termasuk kelompok orang yang membutuhkan dan hidupnya serba kekurangan.

Walaupun pada zaman dahulu sudah ada profesi-profesi tertentu, namun tidaklah mendatangkan pendapatan yang besar dan tidak pula dapat membuat seorang menjadi kaya. Berbeda dengan zaman sekarang ini, justru profesi-profesi inilah yang sekarang mendatangkan pendapatan yang besar dalam waktu yang singkat. Contohnya seperti dokter spesialis yang bisa mendapatkan pendapatan berkali lipat dari petani dan peternak.

Perubahan sosial inilah yang akhirnya menjadi dasar ijtihad para ulama untuk melihat kembali cara pandang kita dalam menentukan antara yang kaya dan yang miskin.

Adanya perkembangan ijtihad harus disyukuri, apalagi ijtihad sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW dan telah menunjukkan berbagai prestasi yang bagus dalam dunia Islam dan metode ijtihad itu terjamin dari nafsu atau bid’ah yang mengada-ada.

Mari berzakat di Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

Zakat merupakan rukun Islam ke-4 dan zakat merupakan amalan yang wajib bagi seorang Muslim yang mampu. Karena zakat memiliki banyak manfaat bagi mustahiq dan muzaki diantaranya adalah dapat membersihkan harta dan jiwa serta tidak membuat jarak antara si kaya dan si miskin.

Oleh sebab itu sebagai lembaga pengelola dan penyalur zakat, Yayasan Kalimatunsawa Indonesia mengajak kepada masyarakat muslim untuk menyalurkan zakatnya di Yayasan kami. Demi memudahkan dalam pembayaran zakat penghasilan, para muzakki bisa membayarnya melalui Yayasan Kalimatunsawa Indonesia.

Mari saudaraku, kita berbagi kepada sesama dengan membayar zakat. Melalui rekening Mandiri an.Yayasan Kalimatunsawa Indonesia 1660000629899.

Menyisihkan rezeki untuk zakat, Insya Allah akan diberikan petunjuk dan hidayah dalam segala urusan. Serta, rezeki yang kita miliki akan menjadi barokah.

Bismillah, semoga zakat yang Bapak/Ibu  tunaikan akan menjadi bantuan untuk yatim dan  dhuafa di yayasan kalimatunsawa Indonesia. Semoga Bapak/Ibu diberikan keluasan rezeki dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT aamiin aamiin yarobal’alamiin.

Belum ada Komentar untuk Ayo Tunaikan Zakat Penghasilanmu Di Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Ayo Tunaikan Zakat Penghasilanmu Di Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

Semarak Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW & Tasyakuran Milad Ke-9 Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

T 30 March 2021 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting yang mengisahkan tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW. Isra Miraj terdiri dari dua bagian perjalanan utama, yaitu Isra yang merupakan perjalanan pada malam hari dari Masjidilharam Mekkah ke Masjidil Aqsa di Yerussalem. Sedangkan Miraj... Selengkapnya

menuju ke bulan ramadhan

Menuju ke bulan penuh keberkahan

T 9 April 2019 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Dibulan Ramadhan yang penuh keberkahan dan kemuliaan, padanya dilipat gandakan amal-amal kebaikannya, disyariatkan amal-amal ibadah yang agung, di bukakan pintu-pintu surga dan di tutup pintu-pintu neraka. Sebab dari itu, bulan ini merupakan kesempatan berharga yang ditunggu-tunggu oleh orang-orang yang beriman... Selengkapnya

Berpuasalah Pada Hari Senin dan Kamis, Karena Pada Hari Itu Amalan-amalan Manusia Diajukan Kepada Allah

T 16 January 2021 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Puasa Puasa adalah salah satu bagian dari fondasi keislaman seseorang. Seseorang tidak akan disebut muslim, kalau tidak mendasarkan keislamannya. Kewajiban berpuasa diperuntukan bagi semua muslim yang sudah baligh, berakal, dan tidak dalam keadaan haid atau nifas. Puasa juga memiliki pengaruh... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Sekiranya Bapak/Ibu memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan Kalimatunsawa Indonesia, silakan untuk menghubungi kami.

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu? silakan klik chat di bawah ini.

Sekretaris Harian

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Online

Sekretaris

Rini Heriana

Online

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00

Rini Heriana

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu? terimakasih. 00.00