Beranda » Artikel » Zakat di Bulan Ramadhan

Zakat di Bulan Ramadhan

T Diposting oleh pada 10 May 2019
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 467 kali

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju shalat ‘ied.” Muttafaqun ‘alaih.
(HR. Bukhari dan Muslim).

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat fitrah ialah zakat yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan tuk menunaikan. Zakat fitrah ialah zakat yang wajib dikeluarkan setahun sekali yaitu disaat bulan ramadhan. Pada prinsipnya, zakat fitrah haruslah dikeluarkan sebelum sholat idul fitri dilangsungkan. Hal tersebut yang menjadi pembeda zakat fitrah dengan zakat lainnya.

Zakat fitrah berarti mensucikan harta, Sebab dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain. Oleh itu, tak ada suatu alasan pun bagi seorang hamba Allah yang beriman tuk tidak menunaikan zakat fitrah sebab telah diwajibkan bagi setiap muslim, orang yang merdeka atau budak, anak kecil atau orang dewasa. Ini perkara yang telah disepakati oleh para ulama.

Hukum Zakat Fitrah

Zakat fitrah hukumnya wajib ditunaikan bagi setiap muslim yang mampu. Besar zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar satu sha’ yang nilainya sama dengan 2,5 kilogram beras, gandum, kurma, sagu, dan sebagainya atau 3,5 liter beras yang disesuaikan dengan konsumsi per-orangan sehari-hari. Ketentuan ini didasarkan pada hadits sahih riwayat Imam Ahmad, Bukhari, Muslim dan Nasa’i dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah telah mewajibkan membayar membayar zakat fitrah satu sha’ kurma atau sha’ gandumkepada hamba sahaya, orang yang merdeka, laki-laki, perempuan, anak-anak, dan orang dewasa dari kaum muslim.

Tata Cara Membayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah dapat disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat terpercaya di Indonesia. Zakat fitrah dapat dikeluarkan sebelum waktu sholat idul fitri di hari-hari terakhir bulan suci ramadhan. Itulah dasar pokok yang membedakan zakat fitrah dengan sedekah-sedekah lainnya. Sebagaimana tercantum pada hadits Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang berbunyi :
“Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud).

Selanjutnya dalam menunaikan zakat fitrah diawali dengan membaca niat sebagai berikut : 
“Nawaitu an uhrija zakat fitri anna wa ‘an jami’i maa yalzamuni nafqu tuhun syiar a’an far dzolillahi ta’ala”.
Artinya : ” Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya wajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah ta’ala.”

Sumber https://globalzakat.id/tentang/zakat-fitrah

Belum ada Komentar untuk Zakat di Bulan Ramadhan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Zakat di Bulan Ramadhan

PESANTREN RAMADHAN 1442H “MEMBENTUK GENERASI BERTAQWA”

T 4 May 2021 F , A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Menyambut Pesantren Ramadhan 1442 H Bulan Ramadhan adalan bulan suci yang penuh akan berkah, rahmat, serta ampunan Allah SWT, pada bulan ini juga Allah SWT menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan Allah SWT juga melipatgandakan pahala pada bulan tersebut.... Selengkapnya

menuju ke bulan ramadhan

Menuju ke bulan penuh keberkahan

T 9 April 2019 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Dibulan Ramadhan yang penuh keberkahan dan kemuliaan, padanya dilipat gandakan amal-amal kebaikannya, disyariatkan amal-amal ibadah yang agung, di bukakan pintu-pintu surga dan di tutup pintu-pintu neraka. Sebab dari itu, bulan ini merupakan kesempatan berharga yang ditunggu-tunggu oleh orang-orang yang beriman... Selengkapnya

yayasan yatim memperingati isra mi'raj

Memperingati ISRA MI’RAJ Nabi Muhammad SAW

T 5 April 2019 F , A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Isra ialah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha. Mi’raj adalah kenaikan Nabi Muhammad SAW menembus lapisan langit tertinggi sampai batas yang tidak dapat dijangkau oleh semua makhluk. Semua itu ditempuh dalam semalam. Peristiwa Isra Mi’raj terjadi... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Sekiranya Bapak/Ibu memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan Kalimatunsawa Indonesia, silakan untuk menghubungi kami.

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu? silakan klik chat di bawah ini.

Sekretaris Harian

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Online

Sekretaris

Rini Heriana

Online

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00

Rini Heriana

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu? terimakasih. 00.00