Beranda » Artikel » Program Wakaf Pembangunan Pondok Quran dan Pemberdayan Yatim

Program Wakaf Pembangunan Pondok Quran dan Pemberdayan Yatim

T Diposting oleh pada 21 September 2020
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 356 kali

Wakaf Dapat Membantu Membangun Perekonomian Negara

Waqaf merupakan salah satu instrument sosial yang perlu disosialisasikan lebih jauh, mengingat posisinya yang amat penting dalam mendorong pembangunan negara dan meningkatkan kepedulian serta mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat.

Di Indonesia pada umumnya wakaf digunakan untuk pembangunan masjid, musholla, sekolah, rumah sakit yatim piatu, makam dan sedikit sekali tanah yang di kelola secara produktif dalam bentuk suatu usaha yang hasilnya dapat dimanfaatkan bagi pihak-pihak yang memerlukan, termasuk fakir miskin. Pemanfaatan tersebut memang efektif, tapi dampaknya kurang berpengaruh dalam sosial ekonomi.

Waqaf berasal dari Bahasa Arab waqf (وقف‎) yang berarti Menahan. Maksud dari menahan adalah barang tersebut tidak untuk diperjualbelikan, dihadiahkan atau diwariskan. Menurut Sahiban Abu Hanifah, Abu Yusuf dan Muhammad bin Hassan, waqaf adalah menahan ‘ain mawquf (benda) sebagai milik Allah atau pada hukum milik Allah dan mensedekahkan manfaatnya ke arah kebajikan dari awal hingga akhirnya.


Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَه

“Apabila seseorang (manusia) wafat, terputuslah amal perbuatannya, kecuali dari tiga hal, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan dan do’a anak sholeh”


Yang dimaksud sedekah jariyah adalah amalan yang terus bersambung dan mengalir setelah kematian atau wafatnya dari seorang yang bersedekah. Contoh, wakaf tanah, kitab dan mushaf Al-qur’an yang bisa terus dimanfaatkan untuk sarana belajar.

Berdasarkan manfaatnya wakaf terbagi menjadi dua kelompok:

  1. Wakaf Ahli (wakaf Dzurri atau wakaf ‘alal aulad), yaitu wakaf yang diperuntukan bagi kepentingan dan jaminan sosial dalam lingkungan keluarga sendiri.

  2. Wakaf Khairi, wakaf yang diperuntukan untuk kepentingan agama atau masyarakat umum. Contoh: wakaf yang diserahkan untuk pembangunan masjid, rumah sakit, rumah anak yatim dan lain sebagainya.

Berdasarkan jenis hartanya, mengutip dari zakat.or.id, wakaf dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu benda tidak bergerak, benda bergerak selain uang, dan benda bergerak berupa uang.

Wakaf uang adalah salah satu bentuk wakaf yang sangat produktif dan mempunyai keunggulan yang besar dari wakaf benda tidak bergerak maupun benda bergerak. Dimana dana yang di wakafkan dapat diinvestasikan kepada Lembaga-lembaga keuangan dan hasilnya dilokasikan untuk meringankan masyarakat yang kekurangan modal dan seterusnya.

Tujuan dari wakaf bukan hanya sekedar mengumpulkan harta sumbangan, tetapi mengandung banyak segi positif bagi umat manusia, diantaranya:

  1. Menunjukkan kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat.
  2. Membantu mendorong pembangunan negara.
  3. Pewakaf (wakif) mendapatkan pahala secara terus menerus selama wakafnya dimanfaatkan penerima wakaf.
  4. Sumber pengadaan sarana ibadah, Pendidikan, kesehatan, perumahan dan lain sebaginya untuk waktu yang lama. Karena harta wakaf tidak boleh dijual, diwariskan dan dihibahkan.

Wakaf memiliki banyak tujuan yang positif di dunia dan di akhirat, apabila dikelola dengan baik, maka akan memberikan sumbangsih yang besar dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Peran Wakaf Pada Pemberdayaan Masyarakat

Dalam kehidupan kaum Muslim, Islam sangat menekankan pentingnya keadilan sosial. Dalam beberapa ayat, Allah SWT selalu menekankan betapa pentingnya keadilan, karena keadilan akan membimbing pada ketaqwaan (QS Al-Ma’idah: 8), ketakwaan akan membawa pada kesejahteraan (QS Al-A’raf: 96). Sebaliknya ketidakadilan akan membawa kesesatan (QS Al-Qasas: 50) dan akan menjauhkan manusia dari rahmat Tuhan.

Para pengelola lembaga wakaf di Indonesia harus peduli dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera. Terutama Lembaga wakaf yang memiliki basis organisasi massa ataupun badan hukum dapat menjadi salah satu sub-sistem alternative di masyarakat yang saling bahu-membahu dengan sub-sistem masyarakat lainnya dalam menyelesaikan persoalan bangsa.

Wakaf sebagai salah satu pranata keagamaan dalam Islam yang memiliki keterkaitan langsung secara fungsional dengan upaya pemecahan masalah-masalah sosial dan kemanusiaan seperti pengentasan kemiskinan, peningkatan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat.

Hal ini seiring dengan telah disahkannya UU No. 41 tahun 2004 tentang wakaf, yang telah mengamanatkan kepada Badan Wakaf Indonesia agar mengelola harta benda yang berskala nasional dan internasional. Sehingga nantinya akan dikelola dan hasilnya diperuntukkan bagi program jaminan sosial termasuk bagi pemberdayaan masyarakat.

Pembangunan Tanah Wakaf Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

Yayasan Kalimatunsawa Indonesia berperan aktiv melakukan kegiatan sosial di tengah masyrakat. Kini kami segenap pengurus dan civitas yayasan sedang melakukan pembagunan tanah wakaf di Pakis Jaya Karawang denga luas 100 meter yang akan di bangun menjadi “Pondok Quran dan Pemberdayaan Yatim dan Dhuafa”.

Maka itu kami mengajak bapak/ibu sekalian untuk membantu dan mewakafkan sebagian hartanya untuk membatu program wakaf tanah.yaitu,Pembagunan di Pakis Jaya, Karawang.

 “Harta yang kita sedekahkan dengan iklas di jalan yang benar tidak akan berkurang melainkan akan bertambah dengan berkali-kali lipat.”

Salurkan wakaf terbaik anda melalui, Rekening Yayasan: Mandiri/1660000629899/a.n Yayasan Kalimatunsawa Indonesia.

Belum ada Komentar untuk Program Wakaf Pembangunan Pondok Quran dan Pemberdayan Yatim

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Program Wakaf Pembangunan Pondok Quran dan Pemberdayan Yatim

Empati Terhadap Musibah Yang Menimpa Negeri (Yakin Peduli Covid 19)

T 30 April 2020 F , A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Covid 19 merupakan virus pendemi yang saat ini mewabah ke seluruh dunia. Virus baru dan penyakit ini pada awalnya tidak umum di ketahui oleh manusia. Awal mula terjangkitnya  covid 19 tersebar yaitu, di Wuhan, Tiongkok, Cina Desember 2019. Virus covid... Selengkapnya

Ayo Tunaikan Zakat Penghasilanmu Di Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

T 7 December 2020 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Zakat Penghasilan Zakat Penghasilan adalah setiap pendapatan berupa upah atau gaji atau honor atau jasa yang diperoleh dengan cara yang halal. Atau lebih sederhananya adalah jumlah dari seluruh nilai konsumsi dan perubahan nilai kekayaan pada sutu tahun atau dalam jangka... Selengkapnya

Tanggap Bencana Terhadap Bencana Indonesia

T 25 January 2021 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Tanggap Bencana Terhadap Bencana Indonesia Bencana Alam merupakan suatu peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, tanah longsor, banjir, angin topan dan kekeringan. Bencana alam dibagi menjadi beberapa katerogi Bencana alam meteorologi. Bencana... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Sekiranya Bapak/Ibu memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan Kalimatunsawa Indonesia, silakan untuk menghubungi kami.

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu? silakan klik chat di bawah ini.

Sekretaris Harian

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Online

Sekretaris

Rini Heriana

Online

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00

Rini Heriana

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu? terimakasih. 00.00