Beranda » PEDULI YATIM

PEDULI YATIM

Anak yatim adalah sosok manusia yang mendapat kedudukan khusus dan mulia di sisi Allah SWT, perhatian Allah SWT begitu besar kepada mereka, sebagaimana tercermin dari banyaknya ayat-ayat Al-Qur’an yang membicarakan tentang anak yatim. Bahkan dibandingkan dengan kaum dhuafa, anak yatim menduduki urutan pertama yang disebut kurang lebih sebanyak 23 kali dalam Al-Qur’an.

Maka wajar jika mereka mendapat perhatian yang besar dari Allah swt. Sebab selain dhuafa, sejak kecil mereka telah merasakan penderitaan lahir-batin. Ketika mereka mempunyai banyak kebutuhan untuk keberlangsungan hidup dan biaya Pendidikan, mereka harus menerima kenyataan hidup dalam keterbatasan. Bahkan banyak di antaranya yang hidup kekurangan dan apa adanya.

Persoalan anak yatim dalam Al-Qur’an bukan semata-mata masalah sosial dan kemanusiaan, tetapi juga berhubungan dengan persoalan keagamaan dan keimanan yang berpengaruh kelak di akhirat. Oleh karena itu masalah anak yatim dalam Islam termasuk hal yang sangat penting, sehingga memerlukan perhatian dan penanganan yang serius dari orang-orang yang memiliki kepedulian dan kecukupan.

Orang yang memberikan perhatian, bantuan, dan perlindungan kepada anak yatim sudah sewajarnya mendapatkan ganjaran dari Allah swt. Dan mereka yang bersikap dan bertindak sebaliknya tentu akan mendapatkan sanksi yang berat dari Allah  swt. Dari sinilah arti pentingnya menyantuni anak yatim, agar hidup mereka tidak sengsara, menderita, dan terlantar.

Keajaiban menyantuni anak yatim

Dari Sahl bin Sa’ad r.a, Rasulullah saw. bersabda,

« أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَا »  وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما شيئاً

Artinya: “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau, serta agak merenggangkan keduanya”.

Dari hadits ini menunjukan besarnya keutamaan dan pahala bagi orang-orang yang menyantuni anak yatim, selain itu menyantuni anak yatim juga memiliki keuntungan di dunia dan di akhirat kelak. Berikut ini adalah keuntungan yang bisa di raih dari menyantuni anak yatim:

  1. Bisa dekat dengan Rasulullah saw di akhirat kelak, sesuai dengan hadits di atas.
  2. Orang yang menyantuni anak yatim akan dijamin masuk surga, dengan syarat orang tersebut tidak melakukan dosa besar yang tidak bisa diampuni oleh Allah swt. Contoh: menyekutukan Allah swt.
  3. Diselamatkannya dari siksa di hari akhir.
  4. Menyantuni anak yatim termasuk bagian dari amal jariyah yang mana pahalanya akan terus mengalir meskipun sudah wafat.
  5. Mendapat predikat abror (saleh/salehah atau taat kepada Allah swt.).

Dalam Al-Qur’an Allah ta’ala berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan (abror) minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur. Yaitu mata air (dalam surga) yang diminum oleh hamba-hamba Allah dan mereka dapat memancarkannya dengan sebaik-baiknya. Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana. Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan”. (QS. Al-Insan: 5-6).

  1. Menyantuni anak yatim juga merupakan salah satu bentuk ibadah amar makruf nahi mungkar. Rasulullah saw. Bersabda, “Siapa saja yang menyeru kepada kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya itu”. (HR. Muslim, Tirmidzi dan Abu Daud dari Abu Mas’ud).
  2. Doa yang dipanjatkan oleh anak-anak yatim merupakan kunci pembuka dari segala ikhtiar.

Setiap anak tidak bisa memilih dilahirkan dalam kondisi seperti apa dan tidak bisa memilih dilahirkan dari keluarga kaya ataupun miskin. Tidak ada yang bisa meminta untuk dilahirkan dengan kondisi orang tua lengkap atau justru tanpa orang tua. Dengan menyantuni dan memuliakan anak yatim setidaknya kita akan melunakkan hati mereka dan meringankan sedikit beban mereka.

Selain itu dengan sedekah kita bisa terhindar dari bala bencana dan mendapat tujuh keutamaan besar seperti apa yang sudah disebutkan di atas. 

Program Peduli Yatim Yayasan Kalimatunsawa Indonesia 
 program peduli yatim adalah bantuan untuk kegiatan pemberdayaan anak yatim dalam pengembangan kualitas individunya dalam bidang skill dan bantuan biaya kehidupan hari-harinya.

Dengan bantuan ini targetnya adalah pemberdayaan akan kemandirian mereka, sehingga secara bertahap ke depannya mereka bisa hidup secara mandiri untuk dirinya dan juga menghidupi keluarganya.

Program ini diwujudkan dalam bentuk Santunan Yatim secara berkala dan penyediaan prasarana pengembangan SDM Anak yatim.
Maka dari itu kami mengajak bapak/ibu sekalian untuk menyedekahkan sebagian kecil hartanya untuk membantu anak-anak yatim binaan yayasan Kalimatunsawa Indonesia. 

Bila ada di antaranya hamba Allah yang menjadi pemerhati yatim dan ingin ikut membantu menjadi penyalur rejeki bagi yatim binaan Yayasan Kalimatunsawa Indonesia. Kami sangat bersyukur serta membuka kesempatan kebaikan itu seluas-luasnya. Semoga Allah SWT melapangkan dan melancarkan rekeki Bapak/Ibu/Kakak. Aamiin.

Mari salurkan donasi berkah dhuafa anda melalui:
Rekening Donasi:
Mandiri/1660000629899/An.Yayasan Kalimatunsawa Indonesia.

PEDULI YATIM | Yayasan Anak Yatim | Lembaga Sosial di Bekasi

Belum ada Komentar untuk PEDULI YATIM

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

+ SIDEBAR

Sekiranya Bapak/Ibu memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan Kalimatunsawa Indonesia, silakan untuk menghubungi kami.

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu? silakan klik chat di bawah ini.

Sekretaris Harian

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Online

Sekretaris

Rini Heriana

Online

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00

Rini Heriana

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu? terimakasih. 00.00