Beranda » Artikel » Memperingati Tahun Baru Islam 1442 H dan Hari Assyuro (Dzikir Akbar Bersama Anak Yatim dan Dhuafa)

Memperingati Tahun Baru Islam 1442 H dan Hari Assyuro (Dzikir Akbar Bersama Anak Yatim dan Dhuafa)

T Diposting oleh pada 13 September 2020
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2022 kali

Tahun Baru Islam adalah hari yang penting bagi umat Islam. Peristiwa itu menandakan  peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam. yaitu memperingati hijrah Nabi Muhammad saw. dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah itu telah terjadi pada 1 Muharam. Dan menjadi tahun baru bagi kalender Hijriah.

 Sesuai dengan firman Allah SWT, Tahun hijriah dalam surat At-Taubah ayat 36.
“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa,”

Tahun Hijriah terdiri dari 12 bulan atau 354 hari. Dimulai dari bulan Muharram dan diakhiri bulan Dzulhijjah. Terdapat 12 bulan itu antara lain bulan Muharram, Safar, Rabi’ul Awal, Rabi’ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadan, Syawal, Dzulkaidah, dan Dzulhijjah.  

Hari Assyuro  (عاشوراء ) adalah hari ke-10  di bulan Muharram dalam kalender Islam. Biasanya hari assyuro di tandai dengan puasa assyuro. Puasa Asyura bagi umat Muslim memiliki keutamaan yang sangat besar. Bahkan, Nabi Muhammad Rasulullah Shollallahu ’Alaihi Wa Sallam (SAW) pernah mengatakan Puasa Asyura paling utama setelah puasa Ramadhan:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

”Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada syahrullah (bulan Allah) yaitu Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam”. (HR. Muslim).

Bagi umat islam memperingati tahun baru islam dan hari asyyuro adalah bagian dari kehidupan mencintai sejarah pendahulu islam di zamannya. Dan juga menjadi tanda beribadah kepada Allah SWT. Dan bersyukurnya menjadi umat islam.

Semarak Muharrom 1442 H Yayasan Kalimatunsawa Indonesia
Jumat, 11 September 2020. Dengan mengambil unsur alam dan mencegah penularan covid 19. Yayasan Kalimatunsawa Indonesia mengadakan acara peringatan tahun baru islam 1442 H dan Hari Assyuro di outdoor (Di luar rungan).

Sebelum acara di mulai semua panitia dan anak-anak yatim dan seluruh panitia yang bertugas sudah melaksanakan protokol Kesehatan terlebih dahulu. Memakai masker,mencuci tangan, memakai handsanitizer, cek suhu tubuh serta melakukan social distancing selama acara berlangsung.

Kali ini yayasan mengadakan peringatan tahun baru islam 1442 H dengan kegiatan yang berbeda. Tanpa suara musik dan pementasan kegiatan seni.

Di masa pandemi yang di prihatinkan ini pengurus serta segenap civitas yayasan dan anak-anak yatim binaan menengadahkan tangan. Bermunajat serta beristighosah bersama untuk kesembuhan Negeri ini. Untuk mengembalikan kestabilan perekonomian dan ketenangan aktivitas keagamaan dan Pendidikan kembali.

Bukan hanya doa terhadap negeri yayasan juga memunajatkan doa untuk keberlangsungan program mulia. Yakni, Program tanah wakaf pembagunan pondok quran dan pemberdayan yatim dan dhuafa di Pakis Jaya Karawang. Maka itu peringatan Tahun Baru islam 1442 H mengangkat tema

Membangun Pondok Quran Untuk Memajukan Genarasi Yatim Mandiri Di Tengah Pandemi Covid 19”

Sebagai wujud menjaga amanah atas donasi yang telah di berikan kepada para donatur dan donaturah. Yayasan juga tetap memberikan paket santunan dan paket sembako kepada anak-anak yatim dan kaum dhuafa serta lansia.

Dengan bersatu hati dan mengumandangkan kalam-kalam ilahi menghentak langit dengan afirmasi dan doa-doa semoga kita semua bisa melalui pandemi wabah covid 19 ini. Aamiin.

Belum ada Komentar untuk Memperingati Tahun Baru Islam 1442 H dan Hari Assyuro (Dzikir Akbar Bersama Anak Yatim dan Dhuafa)

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Memperingati Tahun Baru Islam 1442 H dan Hari Assyuro (Dzikir Akbar Bersama Anak Yatim dan Dhuafa)

doa anak baik | siklus anak nakal dan baik

Cara memutuskan siklus anak Nakal

T 1 April 2019 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Saat ngopi bersama mas Dodik Mariyanto di teras belakang rumah, iseng-iseng saya buka obrolan dengan satu kalimat tanya “Kenapa anak baik biasanya semakin baik, dan anak nakal biasanya semakin nakal ya mas?” Mas Dodik mengambil selembar kertas dan spidol, lalu... Selengkapnya

Hari Gizi Nasional, Gizi Optimal Untuk Generasi Yang Maksimal

T 2 February 2021 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Hari Gizi Nasional Sejak saat pembuahan di dalam rahim ibu, kelahiran, pertumbuhan, dan perkembangan kemudian memasuki tahap bayi , anak-anak, remaja, dewasa, dan tua. Manusia membutuhkan berbagai zat gizi untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Zat gizi tersebut sangat... Selengkapnya

Empati Terhadap Musibah Yang Menimpa Negeri (Yakin Peduli Covid 19)

T 30 April 2020 F , A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Covid 19 merupakan virus pendemi yang saat ini mewabah ke seluruh dunia. Virus baru dan penyakit ini pada awalnya tidak umum di ketahui oleh manusia. Awal mula terjangkitnya  covid 19 tersebar yaitu, di Wuhan, Tiongkok, Cina Desember 2019. Virus covid... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Sekiranya Bapak/Ibu memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan Kalimatunsawa Indonesia, silakan untuk menghubungi kami.

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu? silakan klik chat di bawah ini.

Sekretaris Harian

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Online

Sekretaris

Rini Heriana

Online

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00

Rini Heriana

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu? terimakasih. 00.00