Beranda » Artikel » Lingkungan yang Sehat Memberikan Dampak Positif Bagi Perkembangan Anak.

Lingkungan yang Sehat Memberikan Dampak Positif Bagi Perkembangan Anak.

T Diposting oleh pada 31 December 2020
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 242 kali

Kesehatan adalah keadaan sejahtera manusia dari mulai badan, jiwa, hingga sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Kesehatan dipengaruhi oleh 4 faktor utama. Yaitu, faktor lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan, dan genetik atau keturunan.

Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan/atau perawatan termasuk kehamilan dan persalinan.

Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang. Namun kondisi serta lingkungan yang sering berubah-ubah membuat daya tahan tubuh seseorang terhadap penyakit berbeda-beda.

Berbagai faktor sosial sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang, mulai dari perilaku individu, kondisi sosial, genetik, dan lingkungan fisik.

Lingkungan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan setiap individu entah itu lingkungan hidup maupun sosial. Lingkungan yang sehat dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang dan dapat mencegah penyakit mudah untuk masuk ke tubuh.

Genetik juga berperan dalam menentukan status kesehatan individu. Hal ini mencakup kecenderungan terhadap penyakit dan kodisi kesehatan tertentu. Genetik dapat mempengaruhi cara seseorang untuk mengatasi emosional seseorang baik itu mental atau fisik.

Beberapa hal yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit

Semua orang pasti pernah merasakan sakit, namun resiko tersebut dapat dikurangi dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Istirahat yang cukup, biasanya manusia normal membutuhkan waktu sekitar 8 jam sehari untuk mengistirahatkan tubuh. Waktu tidur yang cukup membuat tubuh ceukup untuk memulihkan energi tubuh, sehingga terhindar dari penyakit yang merugikan.
  2. Makanan bergizi, dengan makan makanan bergizi dan tidak berlebihan tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.
  3. Kondisi Psikis, beban psikis dapat mempengaruhi pikiran dan mempengaruhi daya tahan tubuh yang dapat mengundang penyakit jasmani dan rohani. Untuk itu jika kondisi psikis mengalami penurunan atau stres berat alangkah baiknya anda dapat bicarakan dengan orang lain atau psikolog, atau juga anda dapat menyenangkan diri. Misalnya dengan liburan atau melakukan sesuatu yang dapat membuat anda tenang.
  4. Konsumsi buah-buahan juga dapat membantu menunjang gaya hidup sehat. Seperti, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta mengatasi masalah pencernaan.

Cek Kesehatan bersama Anak Yatim Binaan Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

Dalam rangka menyambut tahun baru, Yayasan Kalimatunsawa Indonesia mengadakan cek kesehatan untuk anak yatim. Sabtu, 26 Desember 2020. Meski dalam keadaan pandemi covid 19.Kegiatan cek kesehatan  ini dilakukan guna untuk mengetahui kondisi dan keadaan anak-anak yatim binaan kami. Selain, melaksanakan cek kesehatan anak yatim juga di berikan makanan dan snack sehat.

Serta, di berikan edukasi kesehatan oleh Ibu dokter Indah. Beliau menyampaikan pesan terhadap anak-anak yatim. “Menjaga kesehatan terhadap anak-anak yatim itu sangat penting, terutama mejaga kebersihan diri sendiri dan kebersihan lingkungan. Menjaga pola makan dan istirahat, serta olahraga yang teratur. Pentinya menjaga kesehatan di masa pandemi covid 19 ini. Pentingnya menjaga imun tubuh yang meningkat”

“Untuk mejaga imun tubuh di saat pandemi ini. Kita harus mejaga pola makan dan makan makanan yang bergizi,buah dan sayur yang banyak,serta minum air putih yang banyak,  dan menjaga pola pikir positif. Bahwa kita kan sehat dan terlindungi dan Allah akan menolong kita.” Pesan dokter Indah.

Bismillah, dengan lingkungan yang sehat akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan anak.

Mengingat begitu pentingnya kesehatan dalam kehidupan sehari-hari serta begitu eratnya lingkungan sekitar dengan kehidupan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, maka upaya perawatan kesehatan yang di lakukan Yayasan Kalimatunsawa Indonesia adalah dengan memaksimalkan peran perawat, baik dari puskesmas maupun yang terlibat langsung. Agar terciptanya lingkungan yang sehat.

Belum ada Komentar untuk Lingkungan yang Sehat Memberikan Dampak Positif Bagi Perkembangan Anak.

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Lingkungan yang Sehat Memberikan Dampak Positif Bagi Perkembangan Anak.

Setiap Manusia Memiliki Hak yang Melekat pada Diri Mereka Sendiri

T 10 December 2020 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Hak Asasi Manusia (HAM) Setiap tanggal 10 Desember masyarakat memperingati hari HAM sedunia, peringatan ini di adakan untuk mengenang hari adopsinya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada tahun 1948 silam dan secara resmi dimulai dari tahun 1950 saat rapat Pleno... Selengkapnya

Munajat dan Istighosah Pekanan Bersama Putra-Putri Yatim Binaan Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

T 4 September 2020 F , A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Alhamdulillah, setiap malam jumat yayasan kalimatunsawa indonesia melaksanakan kegiatan rutin yaitu istighosah bersama putra-putri yatim. kami kumandangkan doa dan mengaminkan afirmasi bersama. Semoga mejadi ladang pahala dan pengharapan ke ridhoan Allah SWT. Aamiin Ya Robbal Alamin. Kamis, 03 Agustus 2020Asrama... Selengkapnya

Program Wakaf Pembangunan Pondok Quran dan Pemberdayan Yatim

T 21 September 2020 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Wakaf Dapat Membantu Membangun Perekonomian Negara Waqaf merupakan salah satu instrument sosial yang perlu disosialisasikan lebih jauh, mengingat posisinya yang amat penting dalam mendorong pembangunan negara dan meningkatkan kepedulian serta mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Di Indonesia pada umumnya wakaf... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Sekiranya Bapak/Ibu memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan Kalimatunsawa Indonesia, silakan untuk menghubungi kami.

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu? silakan klik chat di bawah ini.

Sekretaris Harian

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Online

Sekretaris

Rini Heriana

Online

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00

Rini Heriana

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu? terimakasih. 00.00