Beranda » Artikel » Empati Terhadap Musibah Yang Menimpa Negeri (Yakin Peduli Covid 19)

Empati Terhadap Musibah Yang Menimpa Negeri (Yakin Peduli Covid 19)

T Diposting oleh pada 30 April 2020
F Kategori ,
b 1 komentar
@ Dilihat 490 kali

Covid 19 merupakan virus pendemi yang saat ini mewabah ke seluruh dunia. Virus baru dan penyakit ini pada awalnya tidak umum di ketahui oleh manusia. Awal mula terjangkitnya  covid 19 tersebar yaitu, di Wuhan, Tiongkok, Cina Desember 2019. Virus covid ini sekarang menjadi sebuah   pandemi yang menyaber luas di banyak negara di seluruh dunia.

  Virus ini sangat berbahaya dan dapat menular ke semua kalangan manusia. Virus covid 19 ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia, orang yang mempunyai riwayat penyakit berat sebelumnya, orang dewasa, anak-anak, dan bayi, ibu hamil dan ibu menyusui.

Covid 19 atau Coronavirus adalah virus yang dapat menginfeksi sistem pernapasan. Pada beberapa kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Demikian, virus ini juga dapat menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia). Bahkan, pada penderita gejala yang berat dapat menimbulkan demam tinggi, batuk berdahak hingga batuk berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Secara umum terdapat 3 gejala yang sering timbul yang menjadi tanda terinfeksinya manusia terhadap virus covid 19, yaitu:

  • Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius)
  • Batuk kering
  • Sesak napas

Gejala COVID-19 ini umumnya muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah penderita terpapar virus Corona.

Guna memastikan diagnosis COVID-19, kita dapat mengeceknya melalui beberapa cara:

  • Rapid test untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Covid 19.
  • Swab test atau tes PCR (polymerase chain reaction) untuk mendeteksi virus covid 19 di dalam dahak.
  • CT scan atau Rontgen dada untuk mendeteksi infiltrat atau cairan di paru-paru.

    .

Mewabahnya Pandemi Covid 19 di Indonesia

Sejak Januari virus covid 19 ini diumumkan dapat menular antar manusia, dan sudah merajalela di berbagai negara lain selain di Wuhan,China

Pada 2 Maret 2020, untuk pertama kalinya pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia. Kini Indonesia sudah melewati beberapa fase dalam mencegah penyebaran virus covid 19. Mulai dari PSBB (Pembatasan sosial bersekala bersar), Social Distancing hingga kini memasuki era new normal. Adanya virus ini membuat banyak sektor pendidikan, ekonomi bahkan sampai sektor hiburan mengalami kerugian yang melonjak.

Terjadinya perekonomian yang tidak stabil membuat banyak orang kini kehilangan pekerjaanya. Karena adanya pembatasan masyrakat untuk beraktivitas dan berkegiatan di tempat umum. Virus kian menyebar semakin cepat dan sampai saat ini belum ada vaksin yang mampu mencegah penularan virus Covid 19.

Dari mulai WHO maupun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) telah mengeluarkan himbauan kepada masyarakat indonesia untuk melakukan beberapa antisipasi sebagai langkah pencegahan penyebaran virus.

Beberapa antisipasinya seperti mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila sakit dan ketika bepergian keluar rumah, menjaga jarak, menghindari kontak dengan hewan liar, hingga larangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak dengan matang.

Dari sederet himbauan tersebut, sebenarnya yang paling penting adalah menjaga kesehatan dan selalu berolahraga untuk mendukung ketahanan daya tahan imun tubuh kita.

Bakti Sosial Yayasan Kalimatunsawa Terhadap Masyarakat Yang Terdampak Pandemi Covid 19 (YAKIN PEDULI)

Peran Yayasan Kalimatunsawa Indonesia sangat penting menanggapi adanya virus covid 19 yang tersebar luas di Indonesia. Lebih spesifiknya yayasan harus membina dan memberikan bantuan kepada 120 anak yatim yang terdampak pandemi covid 19.

Bukan hanya kebutuhan ekonomi yang harus di perhatikan melainkan juga dari segi pendidikan anak-anak yatim. Kini sistem pembelajaran mereka di sekolah di alihkan di rumah. Untuk menaggapi hal tersebut, yayasan menjadi wadah sekolah kedua bagi anak-anak yatim.

Yayasan menyediakan ruang kelas dan wifi gratis untuk menyambungkan anak-anak yatim dengan dunia luar dan mengakses pembelajaran lebih mudah.

Bukan hanya memperdulikan anak-anak yatim binaan yayasan. Yayasan Kalimatunsawa Indonesia  juga berperan aktiv membantu masyarakat yang terdampak pandemi covid 19. Memang bukan jumlah yang berlimpah semata-mata yayasan juga menjaga amanah atas donasi yang di berikan oleh para donatur/donaturah dan di kelola kembali untuk kebutuhan sosial.

Memang sudah kewajiban yayasan sebagai lembaga sosial untuk memberikan bantuan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan dan menjadi uluran tangan masyarakat yang terasa dekat berkegiatan dengan yayasan, terutama warga civitas lingkungan yayasan, kaum dhuafa,lansia, juga driver ojek online,pemulung, penjual asongan dan kaum marjinal.

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”
(Qs Saba’ 39)

Nama kegiatan yang di berikan yaitu, EMPATI TERHADAP MUSIBAH YANG MENIMPA NEGERI. Bakti sosial yang di adakan yayasan yaitu, pemberian sembako,paket nasi kotak dan snack juga bantuan dana santunan kepada anak yatim dan dhuafa.

Kepada relawan yang turun  bertugas menemui masyrakat tetap megikuti protokol kesehatan. Mengunakan masker dan cuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan.

 Selain membantu langsung dengan masyarakat yang terdampak pandemi covid 19. Yayasan kalimatunsawa Indonesia juga terus mengumandangkan doa dan mengetuk pintu langit dengan terus melaksanakan munajat dan dzikir bersama anak yatim.

Kami sama-sama terus berusaha mendokan yang terbaik untuk keselamatan dan kesembuhan kembali kepada negeri ini. Aamiin ya Robbal alamin.

1 Komentar untuk Empati Terhadap Musibah Yang Menimpa Negeri (Yakin Peduli Covid 19)

  • Nisrina Irfani says:

    Alhamdulillah, Bagus sekali peranan yayasan kepada masyrakat. Semoga semakin berkah. Aamiin.

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Empati Terhadap Musibah Yang Menimpa Negeri (Yakin Peduli Covid 19)

kebaikan kecil di balas Allah | Kebaikan kebaikan yang di balas Allah | Hikmah kebaikan |

Kebaikan kecilpun di balas Allah

T 8 August 2019 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Allah Ta’ala telah memberi nikmat yang begitu melimpah bagi para hamba-Nya. Tentunya mereka tak perlu membayar dan menghabiskan uang yang banyak untuk udara yang dihirup perdetik setiap hari. Kewajiban manusia sebagai hamba-nya hanyalah bersyukur atas itu semua, atas nikmat yang... Selengkapnya

Setiap Manusia Memiliki Hak yang Melekat pada Diri Mereka Sendiri

T 10 December 2020 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Hak Asasi Manusia (HAM) Setiap tanggal 10 Desember masyarakat memperingati hari HAM sedunia, peringatan ini di adakan untuk mengenang hari adopsinya Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada tahun 1948 silam dan secara resmi dimulai dari tahun 1950 saat rapat Pleno... Selengkapnya

Syarat sah hewan Qurban

Syarat sah hewan qurban

T 22 July 2019 F A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Alhamdulillah wa Sholatu wa Salamu ‘alaa Rosulillah Shollallahu’ alaihi wa Sallam . Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang qurban / udhiyah. Pada kesempatan ini kita akan sambung dengan tema persyaratan orang yang berqurban dan persyaratan hewan yang diqurbankan Dalam Fiqh Muyassarah , Syarat disyari’atkannya qurban bagi orang... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Sekiranya Bapak/Ibu memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan Kalimatunsawa Indonesia, silakan untuk menghubungi kami.

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu? silakan klik chat di bawah ini.

Sekretaris Harian

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Online

Sekretaris

Rini Heriana

Online

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00

Rini Heriana

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu? terimakasih. 00.00