Beranda » Artikel » Berpuasalah Pada Hari Senin dan Kamis, Karena Pada Hari Itu Amalan-amalan Manusia Diajukan Kepada Allah

Berpuasalah Pada Hari Senin dan Kamis, Karena Pada Hari Itu Amalan-amalan Manusia Diajukan Kepada Allah

T Diposting oleh pada 16 January 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 452 kali

Puasa

Puasa adalah salah satu bagian dari fondasi keislaman seseorang. Seseorang tidak akan disebut muslim, kalau tidak mendasarkan keislamannya.

Kewajiban berpuasa diperuntukan bagi semua muslim yang sudah baligh, berakal, dan tidak dalam keadaan haid atau nifas.

Puasa juga memiliki pengaruh yang besar bagi jiwa maupun fisik pelakunya. Puasa mampu membuat kondisi kejiwaan serta fisik seseorang menjadi seimbang dan terkontrol. Inilah mengapa agama Islam menyuruh kita berpuasa, yakni agar kita bisa mencapai takwa.

Berbicara mengenai puasa, tentunya kita akan mengenal dua jenis puasa, yaitu puasa wajib dan puasa sunnah.

Puasa wajib adalah puasa yang dilakukan umat Islam dan waktu pelaksanaannya telah ditentukan, yaitu pada bulan Ramadhan selama sebulan penuh.

Sedangkan Puasa Sunnah adalah puasa yang boleh tidak dilakukan, tetapi sangat dianjurkan dan waktu pelaksanaannya juga pada waktu-waktu tertentu, contohnya puasa senin-kamis.

Puasa berarti menahan diri untuk tidak makan, minum, dan bergaul dengan istri/suami, serta menahan diri untuk tidak berbicara, mendengar, melihat, dan berpikir dari hal-hal yang dapat merusak ibadah puasa.

Puasa diperintahkan Allah SWT karena dapat menyucikan jiwa dan membersihkannya dari gangguan setan yang mungkin menyelimuti kita dari perilaku yang tidak baik.

Puasa Senin-Kamis

Hari senin dan hari kamis adalah hari yang istimewa, karena di hari Senin adalah hari dimana Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Di hari Senin juga merupakan hari bersejarah bagi Nabi Muhammad SAW.

Abu Qatadah bertanya, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu tentang puasa Senin dan Kamis?” Rasulullah bersabda, “Pada hari itu aku dilahirkan dan Al-Qur’an diturunkan kepadaku (pertama kali).” (HR Abu Daud dari Abu Qatadah) hadits ini merupakan hadits sahih.

Ibnu Abbas berkata, “Nabi Muhammad dilahirkan pada hari Senin, wafat pada hari Senin, diangkat menjadi Nabi pada hari Senin, melaksanakan hijrah dari Mekkah ke Madinah pada hari Senin, sampai di Madinah pada hari Senin, Hajar Aswad diangkat kembali ke tempatnya (juga) pada hari Senin.” (HR Ahmad dari Ibnu Abbas)

Nabi Muhammad SAW lahir di muka bumi pada tanggal 12 Rabi’ul Awal 571M, dalam keadaan yatim. Karena ayahnya Abdullah telah lebih dahulu berpulang ke rahmatullah, yang kemudian diiringi oleh kepergian sang ibundanya, Aminah.

Kelahiran Nabi Muhammad SAW memberi isyarat bahwa beliau akan memberi cahaya terang bagi dunia, dengan membawa manusia kepada hidayah Allah dan menjauhi kezaliman yang mampu meredupkan hidayah itu.

Hari senin dan kamis berkaitan dengan masa “penyetoran” atau “pemeriksaan” amal manusia ke hadirat Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “Amal-amal perbuatan manusia dilaporkan dua kali dalam seminggu, yaitu hari Senin dan Kamis. Setiap orang yang beriman akan mendapat ampunan Allah, kecuali orang yang antara dirinya dan saudaranya ada perselisihan.  Dikatakan, ‘Akhirkanlah (ampunan bagi) keduanya, sampai mereka berdamai.’” (HR Muslim dari Abu Hurairah).

Dalam sabda beliau yang lain disebutkan, “…Aku senang kalau amalanku dilaporkan pada saat berpuasa.” (HR at-Tirmizi dari Abu Hurairah, hadits hasan gharib)

Hari Senin dan Kamis juga merupakan Hari dibukakannya pintu-pintu Surga. Berlainan dengan hari-hari lainnya, pintu surga pada kedua hari tersebut menjadi terbuka lebar.

Terbukanya pintu surga berarti pintu rahmat dan ampunan Allah juga terbuka. Pada hari itu juga Allah telah memberikan peluang dan kesempatan kepada kita agar meraih ampunan dan rahmatnya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR Muslim)

Dan pada kedua hari tersebut juga merupakan hari yang diberkahi oleh Allah SWT.

Keutamaan Puasa Senin-Kamis

Banyak Hikmah yang bisa kita ambil dari menjalankan puasa sunnah Senin dan Kamis, seperti hikmah spiritual dan kesehatan.

Puasa Senin dan Kamis juga   memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat penting yang perlu kita ketahui. Terutama bagi seorang muslim yang menjalankan puasa senin kamis.

  1. Pada hari Senin dan Kamis adalah hari dimana pintu-pintu Surga dibuka.
  2. Hari Senin dan Kamis merupakan hari dimana amalan-amalan manusia akan di periksa ke hadirat Allah SWT.
  3. Hari Kamis merupakan hari dimana Nabi Muhammad SAW keluar untuk melakukan perjalanan (safar).
  4. Hari Senin merupakan Hari dimana Nabi Muhammad SAW dilahirkan dan menerima wahyu.
  5. Dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kondisi kejiwaan seseorang.
  6. Dengan berpuasa dapat terhindar dari godaan syaitan yang mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia.
  7. Puasa dapat membersihkan tubuh serta dapat mengistirahatkan sistem pencernaan, sehingga sistem tubuh yang lain dapat bekerja lebih baik.

Puasa Senin Kamis Anak Yatim  Binaaan Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

Meski belum rutin kini anak-anak yatim binaan yayasan kalimatunsawa indonesia melakukan puasa senin kamis, Belajar puasa adalah kunci untuk selalu istiqomah melakukannya. Semoga dengan apa yang mereka kerjakan sekarang menjadi rutinitas yang bermanfaat dan menjadi pahala bagi mereka untuk terus berpuasa senin kamis.

Belum ada Komentar untuk Berpuasalah Pada Hari Senin dan Kamis, Karena Pada Hari Itu Amalan-amalan Manusia Diajukan Kepada Allah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

a Artikel Terkait Berpuasalah Pada Hari Senin dan Kamis, Karena Pada Hari Itu Amalan-amalan Manusia Diajukan Kepada Allah

peringatan tahun baru islam

YAKIN Memperingati Tahun Baru Islam 1440 H

T 9 October 2018 F , A Rini Heriana

  Pertama tama marilah kita ucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas taufik, hidayah, serta rida-nya atas nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita semua, dan atas izin NYA juga kita dapat melaksanakan serangkaian kegiatan acara yang berjalan dengan sukses... Selengkapnya

Milad Ke-8 Yayasan dan Santunan Akbar bersama Putra Putri Yatim

T 9 March 2020 F , A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Sejak di dirikan 2012 lalu. Alhamdulillah yayasan tetap amanan menjaga dan membimbing anak-anak yatim. atas dasar kepedulian terhadap anak-anak yatim dan kaum dhuafa’ semata mata untuk mengharap Ridho dari Allah SWT. Sejalannya waktu Alhamdulillah Allah SWT masih memberikan nikmat dan... Selengkapnya

Doa Tolak bala Yang di Munajatkan Oleh Anak Binaan Yayasan Kalimatunsawa Indonesia

T 1 October 2020 F , A Admin Yayasan Kalimatunsawa

Tolak Bala sama dengan “Tolak (menolak)”  “bala (balak) sesuatu yang datang”, yang diartikan sebagai : musibah atau cobaan. Sehingga terjadinya sebutan “tolak balak”. Bala yang kini sedang datang di tanah ibu pertiwi ini. Kini datang berupa virus Corona (covid 19).... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Sekiranya Bapak/Ibu memerlukan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan Kalimatunsawa Indonesia, silakan untuk menghubungi kami.

Assalamu'alaikum. Ada yang bisa kami bantu?

Assalamu'alaikum. ada yang bisa kami bantu? silakan klik chat di bawah ini.

Sekretaris Harian

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Online

Sekretaris

Rini Heriana

Online

Admin Kalimatunsawa Indonesia

Assalamu'alaikum, Ada yang bisa kami bantu? 00.00

Rini Heriana

Assalamu'alaikum, ada yang bisa kami bantu? terimakasih. 00.00